Pages

Powered by Blogger.

Labels

Followers

About Me

Sunday 8 January 2012

Membuat Formasi

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat sebuah formasi yang tepat dengan komposisi team. Seperti dijelaskan pada post Memilih Formasi, beberapa hal penting menjadi acuan untuk menentukan formasi. Salah satu contoh saya memiliki 5 striker dalam team, tetapi saya memakai 1 striker dalam formasi, berarti 4 striker bakal makan gaji buta ahahaa..

Berikut adalah tampilan awal ketika kita membuat taktik, saya akan sharing formasi yang saya gunakan dalam football manager yang saya mainkan, saya juga suka menyebut formasi ini formasi tiki-takanya Arsenal bukan milik Barcelona, karena mungkin jika barcelona berada di Liga Inggris juga bakal kewalahan dengan sepakbola indahnya.

Tetapi formasi ini bisa saja diterapkan di tim lain, dengan syarat pemainnya memenuhi kebutuhan "role dan atribut posisinya". Menerapkan formasi bukan berarti memaksakan pemain dalam susunan ataupun perintah dalam formasi, tetapi sebaliknya, formasi lah yang menyesuaikan dengan pemain, ketika ada beberapa titik lemah, misal bek kiri dalam tim kita tidak memenuhi sama sekali stat / atributnya, baru kita mencari pemain yang tepat.

  1. Step 2: Formation

  2. Pada bagian ini kita bisa memilih yang sesuai dengan komposisi team kita, kebetulan saya suka single striker, jadi saya pilih 4231 tetapi saya pindahkan gelandang serang menjadi tunggal 2 lainnya saya jadikan winger (pemain sayap).
  3. Step 3: Playing Philosophy

  4. Philosophy permainan terbagi menjadi very rigid sampai very fluid, saya memilih very fluid, yang berarti pemain belakang ikut nyerang dan pemain depan ikut bertahan, hampir mirip total footballnya belanda di era edgar david.



  5. Step 4: Playing Style




  6. Step 5: Player Roles



  7. Step 6: Player Duties



  8. Step 7: Strategy



  9. Step 8: Save Tactic



  10. Step 9: Summary

5 comments:

tulisannya kekecilan....

kagak keliatan walaupun udah pakek kaca mata.
Maaf, numpang ngritik...

heheheheh............

tinggal di klik gambarnya, nanti tambah besar koq ;)

menurut saya kelemahan tim berada pada sektor tengah. Apalagi jika kita menghadapi tim dengan formasi yg sama sementara lawan kita menggunakan pemain yang memiliki atribut agility yang bagus pada posisi AMC, ini bisa menjadi kelemahan tim karena posisi pemain ini tidak terjaga dengan ketat. Ditambah lagi jika tim lawan memberikan role DLF atau Trequartista pada posisi striker yang bisa membuat CB kita bisa terpancing keluar sehingga pemain pada posisi AMC bisa menjadi pemain berbahaya bagi tim kita.

tambahan : formasi ini sering aku kalahkan dengan formasi 4-1-2-2-1 atau 4-1-2-3-0

Post a Comment